Aneka Device Penyimpanan Komputer

01 Aneka Device Penyimpanan KomputerAneka Device Penyimpanan Komputer, Tidak ada gunanya berbicara tentang pentingnya Device penyimpanan komputer. Hampir semua orang tahu bahwa Device penyimpanan komputer di pakai untuk menyimpan hampir semua data yg tersedia di komputer, seperti foto, video, file teks, musik, program untuk komputer, dll.

Device penyimpanan data komputer merupakan alat yg di pakai untuk menyimpan informasi digital. Ini berfungsi untuk menyimpan sementara atau permanen data apa pun sesuai kebutuhan pengguna. Ada jenis Device Penyimpanan yg bisa menyimpan data lebih banyak data daripada memori Primer.

Ini bisa dipindahtangankan, tetapi kecepatan mengakses data lebih lambat dari Memori Utama. Mari kita lihat apa saja Device penyimpanan komputer atau jenis Device penyimpanan.

Baca juga: Cara Kerja Cloud storage

Aneka Device Penyimpanan Komputer

Device penyimpanan merupakan teknologi yg berguna, dibuat untuk menyimpan atau mengarsipkan informasi digital sesuai dengan kebutuhan pengguna. Data dan file ini disimpan secara terorganisir untuk mengaksesnya dengan lebih mudah.

Tanpa Device penyimpanan komputer dalam sistem komputer, laptop dan smartphone tidak akan banyak membantu. Nah, setiap Device membutuhkan unit penyimpanan untuk bekerja. Informasi atau data tersebut bisa berupa file teks, video, program, dokumen, gambar, dan aplikasi.

Karakteristik Device Penyimpanan Sekunder:

  • Memori sekunder juga disebut memori eksternal atau permanen.
  • Ini merupakan memori non-volatile tetapi juga memori cadangan untuk komputer.
  • Memori sekunder terdiri dari Device magnetik dan optik.
  • Memori sekunder menyimpan data secara permanen. Bahkan jika
  • Anda telah mematikan daya, itu tidak kehilangan data.
  • Kecepatan pemrosesan lebih lambat dari memori utama.
  • Komputer bisa bekerja tanpa memori sekunder tetapi tidak tanpa memori primer.

1. Aneka Device Penyimpanan Komputer:  Drive USB

Drive USB merupakan Aneka Device Penyimpanan Komputer ultra-portabel kecil, ringan, dan kompatibel dengan Windows, Mac, dan Linux.

Dan Drive pena, juga dikenal sebagai Device memori USB, stik memori, flash drive USB, unit memori, stik data, pen drive, drive dapur, thumb drive, gantungan kunci USB, stik USB, atau unit penyimpanan data portabel.

Pen drive menggantikan floppy drive dan menjadi salah satu Device penyimpanan data portabel paling populer di pasaran. Ini kecil, ringan, praktis, dan bisa dengan mudah dibawa ke mana saja, bukan drive optik atau drive hard disk tradisional.

Jenis Device penyimpanan komputer ini di pakai untuk menyimpan dokumen, foto, file musik, dan video. Kisarannya merupakan dari 2 GB hingga 1 TB.

Komponen utama USB flash drive merupakan:

  • Steker USB standar – Bagian ini menghubungkan flash drive ke Device.
  • USB Mass Storage Controller – Ini merupakan mikrokontroler untuk USB. Ini mempunyai sejumlah kecil RAM dan ROM.
  • Chip memori flash NAND – Data disimpan dalam komponen ini.
  • Osilator Kristal – Data keluaran dikendalikan oleh komponen ini.

2.Hard Disk Drive

Bentuk singkat dari hard disk drive merupakan HDD. Hard drive merupakan Device penyimpanan yg bisa diakses komputer berdasarkan teknologi perekaman magnetik. Mereka di pakai di sebagian besar untuk menyimpan semua jenis file kecil atau besar atau data komputer, menyimpan salinan cadangan data, seperti penyimpanan file, dll., di komputer digital atau Laptop kita.

Disk berbentuk bulat terdiri di dalam hard disk; disk berputar di dalam hard disk. Semakin cepat kecepatan putaran, semakin cepat bisa menyimpan atau membaca data.

Kecepatan hard disk diukur dalam RPM, yaitu Revolusi Per Menit. Kebanyakan hard disk 5400 RPM atau 7200 RPM; jelas, hard disk 7200 RPM jauh lebih cepat daripada 5400 RPM.

Sebuah perusahaan IBM menciptakan hard disk pertama di komputer generasi pertama (1953). Awalnya, kapasitas penyimpanan hanya 5 MB dan beratnya sekitar 250 KG. Belakangan banyak perubahan yg dilakukan, yaitu Hard Disk modern saat ini dengan peningkatan kapasitas penyimpanan.

Ada tiga jenis drive Hard Disk.

1. PATA (Lampiran Teknologi Lanjutan Paralel)
2. SATA (Serial Advanced Technology Attachment)
3. SCSI (Antarmuka Sistem Komputer Kecil)

3. Solid State Drive

SSD merupakan singkatan dari “Solid State Drive,” yg merupakan Device penyimpanan komputer yg sedikit mirip dengan hard disk drive., tetapi mempunyai kapasitas penyimpanan lebih dari hard disk dan Device yg lebih canggih.

Itu tidak mempunyai motor atau disk yg berputar seperti yg dimiliki hard disk. Ini memakai memori sirkuit terintegrasi yg terbuat dari teknologi semikonduktor seperti RAM, tetapi di pakai untuk menyimpan data secara permanen.

Hard Disk membaca/menulis data dengan bantuan lengan mekanik. Sebaliknya, SSD tidak mempunyai lengan mekanis, sehingga prosesor tertanam, juga dikenal sebagai Pengendali, di pakai untuk membaca dan menulis data. Perbedaan ini membuat SSD lebih cepat dari HDD.

Kualitas pengontrol yg lebih baik akan menjadi SSD yg bagus untuk komputer. Seperti flash dan drive USB, dan kartu memori menyimpan data, SSD menyimpan data dengan cara yg sama.

4. Aneka Device Penyimpanan Komputer: Kartu Memori

Kartu memori juga dikenal sebagai kartu memori flash atau Kartu SD (Secure Digital Card), merupakan media penyimpanan eksternal yg memungkinkan kita untuk menyimpan dan menghapus informasi. Kami memakai kartu memori sebagai penyimpanan sekunder untuk Device kami untuk menyimpan data seperti foto, video, file, dll.

Kartu memori dianggap sebagai media penyimpanan kecil yg biasa di pakai untuk penyimpanan sementara. Kartu memori merupakan jenis media penyimpanan yg sering di pakai untuk menyimpan foto, video, atau data lainnya dalam Device elektronik.

Device yg biasanya memakai kartu memori termasuk kamera DSLR, pesanan Camco digital, smartphone, pemutar MP3, PDF, dan printer. Ini juga di pakai untuk Device penyimpanan komputer kecil, portabel, dan jarak jauh.

Jumlah kapasitas penyimpanan bisa bervariasi tergantung pada jenis kartu memori. Namun, secara umum, sebagian besar kartu memori saat ini mempunyai ukuran mulai dari 4 GB (gigabyte) hingga 256 GB. Angka-angka ini akan meningkat di masa depan.

5. Device Optik

Device optik tidak lain merupakan CD dan DVD yg kami gunakan untuk menonton video dan banyak lagi. Keduanya merupakan Device penyimpanan komputer yg masih di pakai untuk menyimpan data.

A. CD

‘Compact Disc’ merupakan bentuk singkatan dari CD. Ini merupakan media penyimpanan optik datar, bulat yg di pakai untuk menyimpan data seperti audio.

Mereka dibuat untuk menggantikan floppy disk yg di pakai untuk menyimpan file dan program dari komputer. CD akhirnya membuat floppy disk menjadi usang.

Compact Disc ada dua sisi; satu sisi berisi data, sedangkan di sisi lain, ada label yg dibuat untuk membaca data yg ada di dalam disk. Ini merupakan media optik yg menyimpan data digital kita.

Disk bisa menyimpan hingga 700 MB data, yg setara dengan sekitar 80 menit audio.

Mini-disc juga telah direkam yg bisa menyimpan sekitar 24 menit driver audio atau Device lunak. Awalnya, CD menawarkan lebih banyak data daripada hard drive komputer, meskipun, dalam teknologi modern, hard drive mengungguli CD sejauh satu mil.

B. DVD

Bentuk DVD yg lengkap merupakan “Digital Video Disc” atau bisa juga “Digital Versatile Disc”.

DVD mirip dengan CD dan juga merupakan Device penyimpanan optik. Sebelum ini, video dan film direkam pada Video CD (VCD), sementara beberapa DVD di pakai untuk menyimpan Device lunak dan file komputer.

Selain itu, DVD bisa berupa dua lapis dan dua sisi, yg secara signifikan meningkatkan ukuran drive. Ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan data hingga 17,08 GB pada disk dua sisi berlapis ganda. Sebuah single-layer, single-sided disc berisi sekitar 4,7 GB data.

DVD lebih diminati daripada CD; mereka di pakai untuk merekam dan menyimpan semua format data (audio, video, gambar, dan foto), gambar (img, iso). Namun, setelah kedatangan DVD, pasar melihat penurunan besar dalam permintaan CD.

6. Disket

Floppy Disk merupakan Device penyimpanan lain dari komputer. Floppy pertama pertama kali dibuat pada tahun 1969, pada tahun yg sama ketika Internet diluncurkan. Itu cukup bagus, bukan?.

Disk magnetik ini rapuh dan fleksibel tertutup dalam casing plastik persegi atau persegi panjang. Itu sebabnya mereka disebut floppy disk dan juga disket.

Floppy disk menyimpan sejumlah kecil data. Sebelumnya lebih banyak di komputer karena kapasitas penyimpanannya yg rendah, mereka telah digantikan oleh CD dan memori flash yg kecil, portabel.

Pada tahun 70-90-an, floppy disk memainkan peran yg jauh lebih penting dalam komputer, tetapi mereka kalah bersaing dengan CD karena kapasitas informasi dan masa pakai cakram optik lebih tinggi.

Floppy disk merupakan media penyimpanan portabel utama untuk data dan program sebelum popularitas CD meningkat.