Aplikasi Cloud Storage Android

Aplikasi Cloud Storage Android, Dengan teknologi storage yg semakin meningkat, cloud storage menjadi salah satu hal yang paling di manfaatkan oleh kebanyakan orang. Tidak hanya itu saja, penyimpanan cloud juga meiliki tingkat efisiensi yang tinggi dan mudah di gunakan.

Karena User tidak perlu membawa harddrive atau device penyimpanan mereka kemana-mana. Dan juga, storage secara cloud menjadi semakin simpel  serta tidak sulit untuk di pakai, karena seakrang sudah terpasang  dengan device Smartphone Android.

Di sini kami sudah merangkum beberapa aplikasi cloud storage paling baik untuk di gunakan di smartphone Smartphone Android yg dijamin aman dan mudah di pakai. Baca juga artikel kami lainnya tentang Aneka Device Penyimpanan Komputer

Aplikasi Cloud Storage Smartphone Android

1. Box

Box menjadi yg terbaru alias paling newbie di dunia cloud storage. Kenyataanya terdapat banyak aplikasi yg dapat di gunakan bersama dengan box.com, akan tetapi hanya di box.com yang memberikan aplikasi resminya.

Box menawarkan berbagai pilihan untuk penyimpanannya, akan tetapi normalnya setiap pengguna akan di berikan penyimpanan dengn size sebesar 10gb dengan pembatasan upload 250mb setiap harinya. Kelebihan Box adalah aplikasinya sangat mudah di pakai karena tidak mempunyai fitur tambahan. Kalian hanya dapat melakukan unggah, download, dan sharing file menggunakan apliaksi box saja. Semua file yg ada di Box bisa diunduh menjadi file zip sehingga lebih ringkas.

Setiap user yang melakukan register akun Box akan memperoleh free storage dengan ukurang 10 GB, dan dapat di tingkatkan menjadi 100GB dengan biaya langganan 10USD setiap bulan dan jika di rupiahkan sekitar 150ribu tiap bulannya. Box bekerja dengan sangat baik walaupun masih baru dan mempunyai nilai lebih dengan tamilan sederhana dan organisasi file. Akan tetapi hal yang di sayangkan dari layanan Box adalah membatasi usernya  dengan 100gb tiap akun sja.

2. Dropbox

Jika Box merupakan newbie, maka Dropbox menjadi yg veteran. Kebanyakan pengguna smartphone kini menggunakan DropBox yang telah terinstal dari awal pembelian. Dropbox datang dengan berbagai fitur menarik, seperti:

  • dukungan untuk mengunggah foto otomatis
  • UI dengan desain sederhana
  • dukungan Microsoft Office dan
  • kemampuan untuk mengirim file ke orang lain

Dropbox juga salah satu aplikasi cloud storage favorit User Smartphone Android. Banyak yg gemar dengan Dropbox karena memiliki performa cepat, dan bisa di pakai di aneka device sekaligus, dan memiliki fitur backup otomatis. Dropbox memang memberikan user gratis dengan size penyimpanan 2gb saja, akan tetapi ukuran penyimpanannya dapat di tambah menjadi 16gb dengan tambahan biaya langganan.

Dropbox menjadi pilihan yg solid dengan fitur yg jauh lebih banyak daripada kebanyakan. Setiap akun yg ada di Dropbox akan memperoleh penyimpanan gratis dengan pilihan hingga 1TB untuk $10/bulan.

3. Mega

Mega merupakan versi terbaru dari Megaupload yg kini tidak sudah mati. Berbeda dengan penyimpanan cloud lainnya yang menyediakan storage kecil, Mega memberikan fasilitas penyimpanan yang besar untuk setiap user dengan size sebesar 50gb.

Salah satu keunggulan Mega adalah memberikan 50 GB penyimpanan free bahkan untuk User baru. semua hal yg kamu unggah di Mega akan di amankan dengan cara di enkripsi, sehingga tidak perlu resah tentang privasi. Bahkan hasil tangkapan kamera bisa disinkronkan langsung ke akun kamu secara otomatis. Mega juga memiliki fitur untuk menyimpan kontak, mengirim pesan ke sesame User Mega, melakukan kolaborasi file dan folder, serta membuat link download.

Mega memberikan kapasitas storage cloud free sebesar 50 GB. Size tersebut langsung bisa Anda peroleh ketika Anda mendaftarkan akun pada Mega.

Berbagai macam file yang bisa Anda unggah secara leluasa di Mega tanpa harus memikirkan kehabisan kapasitas penyimpanan. Bahkan mega memberikan tambahan penyimpanan apabila storage gratis sebesar 50gb tersebut masih di anggap kurang, tentu saja dengan membeli langganan.

Apabila penyimpanan sebesar 50gb kurang seperti yang di sebutkan diatas, kalian dapat menambah jumlah storage dengan berlangganan dengan pilihan dari 200gb sampai 8tb. Untuk fitur, Mega masih sama seperti kebanyakan.

Namun, Mega mempunyai satu fungsi utama yang baik dengan mengamankan file yang di unggah ke mega dengan cara di enkripsi dan befungsi sebagai proteksi tambahan.

4. Nextcloud

Nextcloud bisa di katakan sebagai ‘tipe lain’ dari penyimpanan. Alih-alih memakai penyimpanan yg jauh entah di mana, Nextcloud memungkinkan untuk membuat cloud storage/server mereka sendiri, dengan sumber penyimpanan yg berasal dari PC mereka sendiri.

Nextcloud memiliki cara kerja seperti cloud storage lainya, akan tetapi memiliki berbagai fleksibiltas yang lebih beragam dari storage cloud lainnya.  Nextcloud adalah cloud storage yang cocok untuk orang yang tidak menginginkan file atau data pribadainya tersimpan dalam sebuah server suatu perusahaan.

5. Resilio Sync

Sama seperti Nextcloud, Resilio Sync juga berfungsi sebagai perantara bagi User yg ingin memperoleh cloud storage mereka sendiri. Resilio Sync juga mendukung banyak tipe device untuk sinkronisasi seperti PC desktop, laptop, tablet dan juga smartphone.

Cloud Storage yang satu ini memiliki cara kerja yang mirip dengan DropBox dan jgua Google Drive, akan tetapi storage yang di gunakan merupakan storage kepemilikan sendiri. Resilio menjadi pilihan yg sangat baik bagi mereka yg ingin file mereka tetap aman sepanjang waktu. Bagian terbaiknya, Resilio Sync bisa di pakai secara free untuk personal maupun perusahaan.

6. Tresorit

Tresorit merupakan salah satu cloud storage paling baik sekaligus terbaru. Ini datang dengan biaya yg terbilang mahal, namun dengan keamanan yg sangat diperhatikan. Tresorit mengenkripsi setiap file yg diunggah ke servernya, dari ujung ke ujung.

Untuk User baru, Tresorit akan memberikan penyimpanan free sebesar 1GB – yg bisa ditingkatkan menjadi dengan 200GB dengan $12,5/bulan atau sekitar Rp187,5 ribu/bulan dan 2TB dengan US$30/bulan atau sekitar Rp450 ribu/bulan. Selain itu, juga ada paket Pro yg mencakup banyak fitur keamanan, yg lebih baik ketimbang yg free. Dan juga, ada pilihan lain untuk Useran bisnis dan perusahaan.

7. Upthere Home

Untuk Upthere Home adalah salah satu penyimpanan cloud yang dimiliki oleh perusahaan penyimpanan komputer sterkenal seperti Western Digital. Upthere home memiliki fungsi seperti Google Photos dimana storagenya memiliki batasan hanya dapat menyimpan file dengan format foto dan video saja. UI yg diusung pun juga lebih didesain untuk mendukung kedua jenis file tersebut.

Meskipun begitu, Upthere Home tetap bisa di pakai untuk menyimpan semua jenis file. Harga yg dipatok terbilang sangat terjangkau yaitu US$2 (atau sekitar Rp28-30 ribu) untuk penyimpanan 100GB. Secara keseluruhan, Upthere menawarkan layanan yg sederhana, bekerja dengan sangat baik dan tentunya murah.

8. Google Drive

Siapa tak kenal dengan Google Drive. Semua smartphone Smartphone Android pastinya sudah terhubung dengan akses Google Drive. Hal tersebut di sebabkan oleh awal melakukans etting smartphone, mewajibkan kalian untuk menggunakan email google untuk menggunakan semua fasilitas yang ada di smartphone.

Email google ini nantinya akan membuka akses pada Gmail, Google Drive, Youtube, dan situs layanan di bawah Google yg lainnya. Tersedia ruang penyimpanan sebesear 15 GB yg diberikan pada User Google secara free. Jika Anda ingin menambah kapasitas tersebut, Anda harus membayar memakai rekening.

Mengingat layanan cloud storage ini terintegrasi dengan produk Google lainnya, maka kamu bisa memakainya sebagai media menyimpan berkas lainnya, seperti menyimpan kontak di smartphone kamu dan lain sebagainya.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa aplikasi cloud storage paling baik Smartphone Android yg aman dan mudah di pakai. Jadi, kamu memakai layanan cloud storage yg mana? jika ada aplikasi yg kamu tahu dan belum masuk di daftar ini, beri tahu kami di kolom komentar dibawah ya!