Kompres File Besar Audio dan Video

Kompres File Besar Audio dan Video

Kompres file besar audio ataupun video pada computer/ netbook kekinian umumnya lumayan sederhana, tapi beberapa hal bisa jadi lebih susah saat file memiliki ukuran besar.

Apabila file begitu besar, kamu tidak segera dapat memakai program kompresi bawaan mekanisme operasi computer/ netbook kamu.

Cara kompres file besar Audio dan Video

Untungnya ada program yang ada yang bisa Mengompres file sama ukuran berapa saja, dan dengan penataan yang seperti mempunyai potensi kurangi ukuran file sedikit.

Baca Juga: Situs Freelance Terbaik Untuk Pendesain

Bila kamu coba memperoleh ukuran file media masih kecil, ada bermacam pola untuk gambar, video, audio yang memungkinkannya kamu mengompresnya tanpa alami kehilangan kualitas kebanyakan. Artikel ini akan mengajar kamu langkah Kompres File Besar Audio.

Mengompresi File Video sama ukuran Besar

Unduh Avidemux.

Avidemux sebagai editor video gratis dan open-source yang memungkinkannya kamu untuk dengan gampang mengompresi dan mengonversi file video kamu. Avidemux ada untuk Windows, Mac, Linux. Pakai beberapa langkah berikut untuk download Avidemux:

  • Buka http://fixounet.free.fr/avidemux/unduh.html di browser situs.
  • Klik link unduhan untuk mekanisme operasi kamu. (Kami mereferensikan FossHub untuk unduh file installer Avidemux).
  • Buka file yang diunduh di browser situs atau folder unduh.
  • Ikuti perintah untuk menuntaskan instalasi.

Lakukan Avidemux.

Avidemux mempunyai simbol yang seperti papan sutradara. Click simbol di menu Start Windows, atau folder program pada Mac untuk buka Avidemux.

  • Video sebagai potongan besar data yang tidak kompres secara baik saat ditambah ke arsip memakai sistem awalnya. Sebagai tukarnya, kamu harus mengkode ulangi video memakai Avidemux, yang akan turunkan ukuran file yang bermakna akan mempertaruhkan sedikit kualitas.
  • File film yang sudah kamu unduh dari online kemungkinan telah dikompres. Kompresi selanjutnya bisa mengakibatkan video yang nyaris tidak bisa dilihat, atau tidak hasilkan pengubahan ukuran yang bermakna.
  • Tidak kemungkinan untuk mengompres video yang sudah dikompresi. Kamu selalu harus simpan versus terkompresi sebagai file terpisah hingga kamu tidak kehilangan yang asli.

Membuka file video di Avidemux.

Pakai beberapa langkah berikut untuk berisi video di Avidemux. Kemungkinan dibutuhkan beberapa waktu untuk berisi video

  • Klik File.
  • Klik Open.
  • Pilih file video di computer kamu dan click “Open”.

Tentukan “Mpeg4 AVC(x264)”

Dalam menu tarik-turun “Output Video”. Mpeg4 AVC(x264) ialah pola yang paling cocok untuk video kamu yang akan diubah.

Tentukan menu tarik-turun “AAC FDK”

Dalam menu tarik-turun “Output Audio”. Opsi ini akan mengompres track audio video untuk kurangi ukuran file-nya.

Tentukan “MP4 Muxer”

Di menu tarik-turun “Output Pola”. Opsi ini akan pastikan jika video bisa diputar pada banyak piranti. Click tombol “Configure” pada bagian “Output Video”.

Tentukan “Video Size (Two Pass)”

Dari menu tarik-turun. Di bagian “Rate Control” pada bagian bawah.

Masukan sasaran ukuran untuk video yang diubah.

Avidemux akan sesuaikan penataannya supaya sedekat kemungkinan sama ukuran yang diharapkan, tapi kemungkinan usai sedikit di atas atau sedikit di bawah sasaran.

Mengendalikan sasaran ukuran video lebih kecil dari ukuran aslinya secara berarti akan hasilkan pengurangan kualitas yang paling mencolok.

Click tombol “Save Video”

Simbol Save Video seperti disk di pojok kiri atas. Kamu akan disuruh masukkan nama untuk video, dan proses alterasi dan kompresi akan diawali. Bergantung pada waktu video dan penataan kualitas, proses ini dapat memerlukan waktu yang lumayan lama untuk usai.

Mengompresi File Audio Besar

Sejumlah besar file audio yang kamu unduh dari internet, seperti file.mp3 atau.aac, telah dikompres. Kompresi selanjutnya dari tipe file ini umumnya akan hasilkan file dengan kualitas suara yang jelek. Kompresi terbaik untuk pola tanpa kompresi seperti.wav atau.aiff.

Unduh Audacity

Audacity sebagai program pengeditan audio gratis sumber terbuka yang ada untuk Windows, Mac, Linux. Pakai beberapa langkah berikut untuk download Audacity.

  • Buka https://www.audacityteam.org/unduh/ di situs browser.
  • Klik link unduh untuk mekanisme operasi kamu di website unduh.
  • Buka file yang diunduh di browser situs atau folder program kamu dan turuti perintah untuk menuntaskan instalasi.

Membuka Audacity.

Audacity mempunyai simbol yang seperti file gelombang oranye dengan earphone biru. Click simbol di menu Start Windows kamu atau folder program untuk buka Audacity.

Membuka file audio yang ingin kamu kompres.

Pakai beberapa langkah berikut untuk file audio:

  • Klik File.
  • Klik Open.
  • Pilih file audio.
  • Klik Open.

 Buat jadi file mono (opsional)

Proses ini tidak dianjurkan untuk musik atau apa saja dengan dampak stereo yang perlu, tapi untuk suara yang disampaikan atau rekaman yang tidak membutuhkan kualitas tinggi, berpindah ke mono (track tunggal) bisa membuat file lebih kecil secara berarti. Pakai beberapa langkah berikut untuk mengonversi file stereo ke mono:

  • Klik ▼ di samping nama file di tempat project.
  • Pilih “Split to Mono” dari menu.

Membuka jendela “Ekspor Audio”

Ini akan buka jendela yang memungkinkannya kamu untuk mengendalikan di mana kamu ingin simpan file, dan pola yang ingin kamu pakai.

  • Klik File.
  • Pilih Ekspor.
  • Klik Ekspor Audio.

Tentukan pola terkompresi yang kamu harapkan

Semua pola yang tertera pada menu “Save as tipe” ialah wujud kompresi, terkecuali.wav dan.aiff. Pola yang kamu tentukan bergantung pada keperluan kamu. Opsi terbaik untuk kompresi sebagai berikut ini:

  • “.mp3” sebagai pola musik yang umumkarena memungkinkannya kompresi yang bagus tanpa kehilangan kualitas yang begitu berarti. Mp3 cocok dengan sebagian besar piranti.
  • “.flac” ialah wujud kompresi lossless. Pola ini benar-benar direferensikan bila kamu berniat memutar audio lewat mekanisme suara berkualitas tinggi, tapi pola ini tidak cocok dengan beberapa piranti..flac tidak mengakibatkan pengurangan ukuran file secara mencolok
  • “.ogg” membuat kualitas suara yang lebih bagus dibanding MP3 pada ukuran file yang sama, tapi tidak cocok dengan beberapa piranti.

Tentukan kualitas audio

Langkah kamu pilih kualitas audio berlainan bergantung pada tipe file yang kamu tentukan. Kualitas yang lebih rendah akan memberi tingkat kompresi yang semakin besar, tapi dengan menyusutnya kualitas suara.

  • MP3: Pakai menu tarik-turun di “Quality” untuk pilih kualitas suara. “Media” dan “Standar” akan memberi tingkat kompresi yang imbang dengan kualitas audio rerata. “Extreme” dan “Insane” akan lakukan kompresi yang rendah tetapi dengan kualitas suara yang tinggi.
  • OGG/ M4A (ACC): Geret bilah penggeser ke kiri untuk menaikan tingkat kompresi, tapi turunkan kualitas suaranya. Geret ke kanan untuk kurangi tingkat kompresi dengan menjaga kualitas suara.
  • Semua tipe file audio yang lain: Pakai menu tarik-turun “Bit Rate” atau “Bit Depth” untuk pilih kualitas suara/ tingkat kompresi. Kecepatan bit/ kedalaman bit yang lebih rendah akan memberi tingkat kompresi yang semakin tinggi dengan kualitas suara yang lebih rendah.

Ganti nama file (Opsional tapi dianjurkan)

Kamu tidak mau menerpa file asli secara tidak menyengaja. Untuk menghindar ini, cukup tukar nama file di samping “File name:”.

Click Save dan click Ok.

Proses ini mengekspor file audio dalam pola audio baru yang sudah terkompresi.